Categories
Uncategorized

Pengertian Wisata | Bagaimana Ciri dan Tujuannya

Wisata menjadi salah satu kata yang terdengar sangat menyenangkan dan ditunggu-tunggu oleh semua orang. Tidak ada satu orang pun yang menolak ketika diajak untuk berwisata. Hampir semua orang selalu menjadwalkan diri untuk melakukan wisata sesekali dalam beberapa minggu atau bulan.

Apa sih makna wisata yang sebenarnya? Apakah tujuan dari wisata? Apakah yang membuat kata ini sedemikian spesial dan menyenangkan? Adakah aturan dan ketentuan dalam teknis pelaksanaannya? Yuk simak bersama-sama uraian berikut ini.

Pengertian Wisata

Seorang ahli berpendapat bahwa wisata dilakukan dalam kurun waktu beberapa hari, misalnya minimal tiga hari. Ada pula yang menyebutkan bahwa wisata harus dilakukan di luar tempat kita tinggal dan bekerja. Pendapat lain menyatakan berwisata harus bertujuan untuk bersenang-senang dan bukan mencari pendapatan.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata wisata memiliki beberapa makna. Diantaranya adalah melakukan perjalanan atau bepergian bersama-sama, melakukan piknik baik untuk tujuan bersenang-senang, memperluas ilmu pengetahuan dan lain sebagainya. Semua makna ini tertuju pada satu arti yaitu melakukan perjalanan untuk mendapatkan kesenangan dan pengetahuan baru.

Wisata bisa dilakukan dalam banyak cara. Tidak hanya untuk berjalan-jalan melihat pemandangan alam saja, namun makna wisata bisa lebih mendalam. Ada wisata bahari atau menikmati laut, ada wisata budaya untuk menikmati kekayaan budaya dan tradisi, dan ada pula wisata kuliner.

Wisata kuliner ditujukan untuk orang-orang yang memang berniat untuk mencicipi makanan-makanan khas suatu tempat. Wisata mengacu pada kata kerja yang umumnya dilengkapi dengan awalan ber- untuk membentuk kata berwisata.

Kata ini mengandung makna melakukan perjalanan wisata. Pelaku perjalanan wisata atau orang yang melakukan perjalanan wisata disebut dengan wisatawan. Wisatawan yang berasal dari dalam negeri disebut dengan wisatawan domestik sedangkan yang berasal dari negara lain disebut dengan wisatawan asing.

Ciri-ciri Perjalanan Wisata

Berikut ini ada beberapa ciri dari sebuah perjalanan wisata sehingga Anda bisa mengategorikan apakah perjalanan itu merupakan wisata atau bukan.

Ciri-cirinya adalah :

  • Perjalanan dilakukan untuk berkeliling lokasi wisata dan nantinya akan kembali ke tempat asalnya.
  • Jika pelaku wisata memutuskan untuk tinggal, jangka waktunya hanya berselang beberapa hari atau tinggal untuk sementara.
  • Sebuah perjalanan wisata biasanya telah diatur, dipersiapkan, direncanakan terlebih dahulu agar supaya lancar dan nyaman.
  • Beberapa orang menggunakan agen individu atau organisasi untuk mengatur sebuah perjalanan wisata. Agen ini bertugas untuk mengatur kendaraan untuk perjalanan, penginapan, tempat makan dan lain sebagainya.
  • Adanya unsur produk wisata seperti mengunjungi beberapa lokasi atau destinasi wisata. Destinasi ini bisa berupa tempat, lembaga, kegiatan dan lain sebagainya.
  • Adanya tujuan tertentu yang ingin dicapai dari kegiatan berwisata ini. Contohnya ingin bersenang-senang, merefresh otak, mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru dan lan sebagainya.
  • Perjalanan wisata umumnya dilakukan dengan sangat santai, mengenakan pakaian casual yang nyaman dan tidak terburu-buru.

Kunjungi Hayatuntour.com untuk mendapatkan paket wisata yang sesuai dengan anda.

Tujuan Wisata

Setelah mengenal pengertian wisata dan ciri-cirinya, sekarang kita akan membahas tujuan dari kegiatan wisata. Ini adalah beberapa kelompok tujuan wisata yang umumnya kita lakukan diantaranya adalah :

  • Ingin merasakan ketenangan, suasana santai, rileks, dan bergembira
  • Berharap mendapatkan pengalaman baru di tempat wisata yang dituju
  • Ingin mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru
  • Ingin mendapatkan kepuasan seperti perjalanan wisata yang telah dilakukan oleh orang lain.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian wisata, ciri dan tujuannya. Semoga penjabaran ini memberikan Anda wawasan dan pengetahuan tentang makna wisata dan bisa menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *