Categories
Uncategorized

Mengenal Jarum Mesin Jahit

Jarum jahit adalah alat panjang dan tipis dengan ujung runcing. Jarum harus dapat menembus kain yang dijahit, mendorong benang ke samping sesuai dengan aplikasi, tanpa merusaknya.

Jenis-Jarum-Mesin-Jahit

Jarum jahit saat ini terbuat dari baja karbon tinggi, nikel atau baja berlapis emas untuk ketahanan terhadap korosi.

Bentuk Ujung Jarum

Jarum dibuat dari berbagai bentuk ujung jarum yang cocok untuk berbagai sifat bahan jahit. Ujung jarum dapat diposisikan secara terpusat atau eksentrik.

Ada dua jenis dasar ujung jarum yaitu bulat dan poin pemotoangan.

  • Slim Set Point Needles

Ini dapat menembus benang dari bahan jahit melalui jahitannya yang tajam dan sangat ideal untuk semua kain, karena membantu menghasilkan jahitan yang seragam dan mengurangi kerutan pada kain.

Jarum jenis ini digunakan untuk menjahit kain halus. Jarum jenis ini tidak cocok untuk kain rajutan.

  • Set Cloth Point

Ujung jarum agak bundar untuk memindahkan benang dari bahan jahit tanpa merusaknya. Ini adalah jenis jarum jahit yang paling umum digunakan.

  • Heavy Set Point

Jarum ini memiliki ujung yang sangat tumpul. Jenis ini digunakan untuk mesin jahit dengan kancing.

  • Light Ball Points

Light Ball Point digunakan untuk kain yang membutuhkan penanganan khusus, seperti kemeja, untuk menghindari kerusakan pada loop. Ini sangat penting untuk menjaga elastisitas kain.

Jahitan bola sedang dan berat digunakan untuk kain yang mengandung benang elastis. Ketika benang jahit ditransfer non-berlubang. Jarum didorong di antara benang-benang kain.

  • Cutting Points

Jarum jenis ini digunakan untuk menjahit kulit, bahan berlapis atau berlapis. Mereka diklasifikasikan dan diberi nama sesuai dengan posisi ujung dan bentuk jarum.

Bentuk diberi nama setelah bentuk ujung jarum, misalnya ujung tombak, ujung segitiga, ujung berlian, dan lain lain. Bentuk jarum ini akan menciptakan ruang (bukan lubang besar) di mana benang akan dilewati.

Demikianlah ulasan singkat tentang bentuk jarum mesin jahit, ternyata ada banyak jenisnya dan memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda-beda. Semoga informasi ini ada manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *