Categories
Uncategorized

Memahami Fitur Dasar BIOS Komputer

Artikel ini adalah koneksi dari artikel sebelumnya yang berjudul So Motherboard yang dapat di-boot ke BIOS Phoenix melalui USB. Saya menulis artikel ini karena saya menerima email dari seorang teman yang menanyakan cara mengatur menu lain.

Apa itu BIOS?

Singkatan untuk BIOS, Sistem Input / Output Dasar, IBM PC, atau yang kompatibel (berdasarkan proses prosesor Intel x86) merujuk ke suite perangkat lunak standar yang dapat:

Inisiasi (pengapian) dan pengujian perangkat keras (dalam proses yang disebut POST)

Muat dan jalankan sistem operasi

Atur beberapa konfigurasi komputer dasar (tanggal, waktu, konfigurasi media, konfigurasi startup, kinerja, stabilitas komputer).

Gunakan layanan runtime BIOS untuk membantu sistem operasi dan proses manajemen perangkat lunak.

BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah dan dapat mengontrol berbagai jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS biasanya dibuat dengan bahasa rakitan (rakitan) yang digunakan pada mesin.

Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP / M. Ini adalah bagian dari CP / M yang dimuat pada awal proses boot dan menangani perangkat keras secara langsung (pada beberapa mesin yang menjalankan CP / M, ROM adalah bootloader sederhana). Sebagian besar versi DOS memiliki file bernama “/” (IBM PC-DOS) atau “” (MS-DOS), yang bertindak sebagai perangkat BIOS CP / M.

Kata Yunani BIOS (Βίος) juga dapat diartikan sebagai “kehidupan”.

Lihat deskripsi BIOS di bawah ini.

Fungsi dasar untuk BIOS

Sebagai contoh dalam artikel ini, saya masih menggunakan Award BIOS Phoenix BIOS. Bahkan, ketika Anda membeli motherboard baru, manual motherboard disertakan dan Anda dapat belajar dari buku, tetapi buku itu tidak sedetail dan mungkin sulit untuk dipahami bahkan baru-baru ini, motherboard sederhana dan terutama murah untuk kelas.

Manajemen daya

Dapat digunakan untuk memperlambat komponen service komputer panggilan untuk mengatur dan menghemat daya, atau mematikan komputer pada waktu tertentu (dapat diatur beberapa jam setelah komputer dimatikan)

Pengaturan PnP / PCI

Digunakan untuk menyesuaikan slot PCI pada board sistem untuk membuat pengaturan khusus dan mengenali dan secara otomatis menjalankan perangkat yang terhubung ke slot ini

Status PC

Digunakan untuk membunyikan komputer atau mematikan komputer saat suhunya terlalu tinggi

Setel kata sandi

Biasanya ada dua level, “ pengguna dan supervisor ”, yang memberikan kata sandi untuk mencegah pengguna lain mengakses BIOS

Simpan BIOS dan keluar

Untuk meninggalkan BIOS sambil menyimpan perubahan

Keluar tanpa menyimpan

Gunakan opsi ini untuk meninggalkan BIOS tanpa menyimpan perubahan jika Anda ragu dengan perubahan terbaru.

Sampai kita membahas fitur-fitur dasar BIOS di sini, kita akan bertemu di artikel selanjutnya. Ini jauh lebih dalam daripada submenu BIOS.

Jixie sedang mencari berita di dekat keinginan dan preferensi Anda. Kumpulan tulisan ditampilkan sebagai pilihan tulisan yang lebih menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *