Categories
Uncategorized

Matoa, Buah Langka Asal Papua yang Super Lezat

Apakah Anda tahu buah Matoa? Bagi Anda yang tinggal di Indonesia bagian timur, mendapatkan buah yang satu ini mungkin tidak sulit. Namun, untuk daerah lain Anda perlu ke supermarket dulu.

Karena buah asli ini tidak dijual sembarangan di pinggir jalan. Sebenarnya Matoa sudah bisa ditemukan di seluruh Indonesia, namun nyatanya pohon buah Matoa hanya tumbuh di timur Indonesia, khususnya Papua.

Matoa, Buah Langka Asal Papua yang Super Lezat

Buah khas Papua, ternyata matoa, juga populer di seluruh Indonesia. Aromanya yang sedap seperti durian dan teksturnya yang seperti lengkeng memang sangat unik, apalagi juga sangat manis.

Selidiki, ternyata buah ini juga memiliki banyak khasiat. Enak dan Bergizi? Wah, menurut saya kita perlu tahu banyak tentang buah khas Papua ini.

Memiliki banyak manfaat kesehatan

Salah satu daya tarik buah ini adalah manfaat kesehatannya. Saat menjelaskannya satu per satu, memang butuh waktu lama untuk membahas manfaat kesehatan dari buah Matoa.

Mulai dari mengatasi wasir, memperlancar peredaran darah dalam tubuh, mencegah tekanan darah tinggi, menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor dalam tubuh, serta mencegah penyakit jantung koroner.

Bisa dibilang buah ini memiliki khasiat yang lengkap. Karena buah ini tinggi vitamin C dan E, ia juga berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radiasi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Buah Anda yang tidak memiliki penyakit yang disebutkan di atas dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda dengan mengonsumsi buah Matoa.

Jaga kecantikannya

Matoa tidak hanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi juga sahabat wanita yang ingin tampil cantik dari dalam ke luar.

Yang perlu Anda ketahui, buah ini bukan sembarang buah. Fungsinya bisa sama dengan produk kecantikan, yakni mencegah penuaan dini dan menutupi garis-garis halus seperti kerutan.

Bagi Anda yang sering mengalami masalah wajah seperti jerawat, buah ini bisa menjadi solusi untuk membantu wajah Anda menjadi lebih bersih dan merah alami.

Darimana? Ya, karena buah matoa berperan sebagai agen detoksifikasi di dalam tubuh, hasil sebenarnya bisa terlihat bahkan pada kulit wajah yang bersih. Jika mengkonsumsi buah ini secara rutin maka kulit tidak akan terpapar sinar matahari langsung yang dapat merusak kulit.

Harganya lumayan mahal

Sebagai buah yang memiliki banyak khasiat, tak heran jika harga buah Matoa cukup mahal. Saat memulai toko online ada beberapa yang menawarkan buah Matoa segar yang bisa langsung dipesan.

Satu kilogram buah bergizi ini harganya Rp 160.000. Ini cukup mahal dibandingkan buah lainnya.

Harga tersebut tentunya tidak sebanding dengan banyaknya manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Kalau terpikir untuk mendapatkan paket kesehatan dan kecantikan yang termasuk dalam Matoa, harganya Rp 160.000.000 rasanya tidak ada, bukan? Belum lagi lidah kita juga dimanjakan oleh rasa buahnya yang memiliki rasa manis, lengket, dan aroma yang sangat harum.

Buah langka

Jarang ada alasan mengapa buah ini cukup mahal. Bisa dibayangkan pohon buah ini hanya bisa ditemukan di Indonesia bagian timur, khususnya di Papua.

Matoa tidak punya tempat untuk tumbuh. Mereka hanya bisa tumbuh subur di daerah dengan kondisi tanah kering yang tidak tergenang air dan memiliki lapisan tanah yang tebal. Iklim yang dibutuhkan pohon Matoa adalah curah hujan yang tinggi.

Meski sudah menjadi buah nasional, buah ini masih dikatakan langka karena sudah tidak bisa ditanam. Selain itu, pohon ini hanya berbuah setahun sekali.

Mereka mekar dari Juli hingga Oktober dan berbuah tiga hingga empat bulan kemudian. Belum lagi pohon buah Matoa yang tergolong pohon tinggi besar dengan tinggi rata-rata sekitar 18 meter dan diameter maksimal 100 cm, susah sekali panennya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *