Categories
Uncategorized

Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan

Kualitas produk adalah pendorong pertama kepuasan pelanggan. Kualitas produk adalah dimensi global yang terdiri dari enam elemen, yaitu kinerja, daya tahan, fitur, keandalan, konsistensi dan desain.

Performa
Kinerja adalah dimensi paling dasar yang terkait dengan fungsi utama suatu produk. Konsumen akan sangat kecewa jika harapan mereka tidak terpenuhi pada dimensi ini. Kinerja pada setiap produk bervariasi tergantung pada nilai fungsional yang dijanjikan perusahaan. Misalnya: untuk khasiat obat, untuk makanan rasanya enak, untuk tape recorder adalah suara yang jernih, untuk motor yang berakselerasi, untuk mobil sedan adalah kenyamanan dan lain-lain.

Keandalan
Keandalan adalah dimensi kedua dari kualitas produk. Dimensi kinerja dan keandalan sekilas tampak serupa tetapi memiliki perbedaan yang jelas. Reliabilitas menunjukkan probabilitas bahwa produk gagal menjalankan fungsinya. Produk pompa air dikatakan memiliki kinerja yang baik ketika dapat bekerja sesuai dengan semprotan listrik yang dijanjikan, dan dikatakan memiliki keandalan yang baik jika tidak pernah jatuh saat digunakan.

Fitur
Fitur dapat dianggap sebagai aspek sekunder. Untuk berbagai produk elektronik, fitur yang ditawarkan dapat dilihat pada menu yang terletak di remote control. Karena pengembangan fitur hampir tanpa batas dengan pengembangan teknologi, fitur dari produsen menargetkan inovasi untuk memuaskan pelanggan

Daya tahan
Daya tahan atau umur panjang menunjukkan pengukuran siklus produk, baik secara teknis maupun waktu. Produk tahan lama yang dikatakan telah berulang kali digunakan atau telah digunakan sejak lama. Yang pertama secara teknis tahan lama, dan yang kedua dipertahankan dalam waktu. Untuk konsumen awet dalam lebih mudah dipahami karena sebagian besar produk yang menjanjikan daya tahan waktu. Tingkat kepentingan dari dimensi yang berbeda untuk target pasar yang berbeda dan sangat mungkin bergeser dari waktu ke waktu karena perubahan pasar dan persaingan.

Konsistensi
Konsistensi menunjukkan seberapa besar suatu produk dapat cocok dengan standar atau spesifikasi. Produk yang memiliki konsistensi tinggi berarti sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Rancangan
Dimensi adalah dimensi dari desain yang unik dan menawarkan banyak aspek emosional dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan.
Setiap dimensi mempengaruhi konsumen dengan kontribusi yang berbeda tergantung pada jenis industri dan produk. Kinerja dan keandalan umumnya dianggap penting, tetapi sebagian besar perusahaan terutama pada merek-merek yang telah melakukan dengan baik dalam hal memenuhi harapan pelanggan pada dimensi ini. Fitur, daya tahan, konsistensi dan desain memiliki ruang yang lebih luas bagi perusahaan untuk membangun keunggulan kompetitif dalam perlombaan dunia bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *