Categories
Uncategorized

Keunikan Gereja Graha Maria Annai Velangkanni

Nampak luar bangunan yang berlokasi di Jalur Sakura III No 7- 10, Perumahan Halaman Sakura Indah, Tanjung Selamat, Medan, Sumatera Utara, itu dapat mengecoh para pelintas.

Atap berundak dengan corak dominan biru itu sekilas mirip dengan bangunan kuil umat Hindu di India. Tetapi bila dicermati lebih seksama, di sebagian pucuk atap tertancap simbol salib.

Bangunan unik itu nyatanya berperan bagaikan gereja untuk umat Katolik generasi Tamil India di Medan dan diketahui bagaikan Gereja Annai Velangkanni.

” Gereja dengan model semacam ini tidak cuma jadi salah satunya di Kota Medan, namun pula salah satunya di Indonesia,” kata Raj, pengurus Lingkungan Graha Ibu Maria Annai Velangkanni, kepada Liputan6. com, Kamis, 24 Desember 2015.

Raj menuturkan gereja yang dibentuk pada 2001 itu didesain seseorang pastor bernama James Bharataputra yang dibantu pakar konstruksi bangunan, Johannes Tarigan.

Desain utama gereja itu termotivasi dari arsitektur Indo- Mogul sekalian gereja kedua berarsitektur seragam sehabis di India Selatan. Gereja tersebut didatangkan buat mengakomodasi kebutuhan spiritual para umat Katolik generasi India yang jumlahnya relatif banyak di Medan.

” Di dunia hanya terdapat 2 Velangkanni: 1 di India Selatan yang wujudnya lebih besar serta 1 lagi di Medan,” ucap Raj.

Kesan kuil India langsung luruh begitu Kamu masuk ke bagian dalam bangunan. Tidak terdapat arca dewa- dewi terpajang di situ, melainkan arca santo dengan bermacam ekspresi. Tidak hanya itu, deretan kursi- kursi panjang tertata apik mengambil alih atmosfer lesehan yang biasa ada dalam kuil.

Raj melaporkan Graha Ibu Maria Annai Velangkanni terbuka buat universal. Tidak terdapat tiket masuk yang diberlakukan alias free untuk siapa saja yang mau memandang, berziarah, dan mencari ketahui sejarah tentang kejadian kerohanian.

Ia meningkatkan,” Di pintu gerbang jelas nampak ornamen yang khas Sumatera Utara. Jadi, siapa saja boleh tiba ke mari buat beribadah serta melihat- lihat.”

Bangunan yang terdiri dari 2 tingkatan itu jadi panorama alam menarik dikala Natal datang. Kamu hendak merasakan atmosfer semacam lagi terletak di India sebab kebanyakan umat yang beribadah ialah generasi Tamil.

Atmosfer itu pernah membuat Ade Prihatni, salah seseorang wisatawan dari luar kota, terkesima. Tidak hanya banyak perinci gereja yang menarik mata, dia pula dapat merasakan makna suatu toleransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *