Categories
Uncategorized

Kamboja Fosil,Ampuh Untuk Obat Gonore

Mendengar nama bunga kamboja, pasti sebagian dari kita langsung menghubungkannya dengan kuburan. Ya, bunga Kamboja Fosil selalu menjadi sinonim untuk situs pemakaman.

Namun jangan takut, karena saat ini bunga Kamboja Fosil banyak digunakan sebagai tanaman hias. Selain itu, manfaat bunga Kamboja Fosil bagi kesehatan sangat banyak.

Meski bernama Frangipani, bunga ini sebenarnya bukan berasal dari Kamboja. Bunga ini asli daerah Amerika Tengah. Bunga ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani Perancis bernama Charles Plumier, sehingga nama ilmiah dari bunga Kamboja Fosil ini adalah plumeria.

Kamboja Fosil,Ampuh Untuk Obat Gonore

Bunga Kamboja Fosil merupakan salah satu jenis tumbuhan yang tahan terhadap segala kondisi.

Bunga ini bisa tumbuh subur di berbagai tempat, baik itu suhu panas maupun dingin.

Bahkan di beberapa daerah, orang menyebutnya mawar gurun atau disebut juga mawar gurun, karena bisa tumbuh dengan baik di gurun pasir. Jual Kamboja Fosil

Ada banyak jenis bunga Kamboja Fosil yang dijadikan tanaman hias di Indonesia. Beberapa di antaranya berwarna putih, merah, dan kuning kamboja. 

Tanaman Kamboja Fosil yakni salah satu jenis tanaman yang sampai disaat ini jadi tanaman yang sangat khas di Indonesia. Apabila Kalian menghadiri zona maupun tempat pemakaman umum di Indonesia, sudah pasti kalian hendak menghasilkan Tanaman Kamboja Fosil yang ditanam dengan tegak di sana.

Kamboja Fosil ialah sejenis tanaman hias yang telah hidup sejak lama. Jenis tanaman ini jadi lebih mahal bertepatan bertambahnya usia. Jenis tanaman ini tidak memiliki jangkar dan cukup besar. Tanaman ini memiliki ketinggian 1 hingga 7 meter.

Kenapa harus jadi Tanaman hias dan sangat wajar, karena memanglah tanaman hias semacam ini dapat mencapai umur hingga mencapai 10 tahun dan terlebih bisa hingga ratusan tahun.

Karena sudah cukup tua buat diucap fosil yang berharga. Karena keunikannya, jenis tanaman ini digolongkan bagaikan tanaman mulia. 

Meski disebut Kamboja Fosil jepang, namun bunga ini lagi-lagi tidak ada sangkut pautnya dengan negeri sakura.

Nah, kali ini kita akan mengupas tentang berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan dari tanaman kamboja. Selain bunganya, berbagai manfaat tersebut juga bisa didapatkan dari daun, getah, dan batangnya. Apa sajakah dari mereka?

Obat Bisul

Manfaat daun Kamboja Fosil yang pertama adalah pengobatan maag. Cara penggunaannya sangat sederhana, ambil daun Kamboja Fosil segar terlebih dahulu. Setelah itu, rilekskan dengan memanaskannya di atas api.

Oleskan kelapa atau minyak zaitun setelah pincang dan layu. Kemudian, segera tempelkan daun panas tersebut ke area yang mengalami borok. Lakukan ritual ini secara rutin hingga bisulnya menjadi dangkal dan sembuh.

Jika ritual penggunaan daun Kamboja Fosil terlalu melelahkan, ada cara lain untuk menyembuhkan sariawan, yaitu dengan menggunakan jus kamboja. Caranya: ambil jus Kamboja Fosil langsung dari pohonnya dan didihkan. Lakukan secara rutin hingga sembuh.

Mengatasi bengkak

Untuk mengatasi anggota tubuh yang bengkak, kita bisa menggunakan kulit pohon kamboja. Caranya: haluskan kulit Kamboja Fosil hingga halus lalu masak hingga mendidih. Silakan gunakan air rebusan tersebut untuk merendam atau mengompres bagian tubuh yang bengkak.

Selain menggunakan kulit batangnya, akar dan daun Kamboja Fosil juga bisa digunakan untuk mengobati bengkak. Caranya yaitu masak akar, daun kamboja, dan sedikit garam hingga mendidih. Setelah itu, gunakan airnya untuk merendam dan mengompres kulit yang bengkak. Lakukan secara rutin dua kali sehari agar proses penyembuhannya cepat.

Pengobatan Patek (yaw)

Patek atau yaw adalah sejenis penyakit kulit menular. Penyakit ini disembuhkan dengan kulit kamboja. Caranya dengan menumbuk halus kulit Kamboja Fosil lalu masak hingga airnya mendidih. Setelah itu, gunakan airnya untuk mandi atau menggosok area yang terkena.

Pengobatan gonore

Gonore atau kencing nanah merupakan salah satu penyakit menular seksual yang paling umum terjadi di Indonesia. Penyakit ini bisa diatasi melalui penggunaan akar kamboja. Pertama, ambil seutas akar dari pohon kamboja.

Kemudian cuci bersih dan rebus dengan 2 gelas air. Biarkan rebusan mendidih dan hanya akan tersisa satu gelas. Selanjutnya minum air ini secara rutin, hingga satu gelas sehari.

Obati sakit gigi

Getah dari pohon Kamboja Fosil mengandung banyak antibiotik yang bermanfaat seperti alkaloid, tanin, flavonoid dan triterpenoid. Oleh karena itu, jus Kamboja Fosil ini juga dapat meredakan nyeri pada gigi berlubang.

Caranya cukup sederhana. Pertama, ambil beberapa tetes jus Kamboja Fosil dengan bola kapas. Setelah itu letakkan kapas pada rongga yang sakit. Lakukan sekali atau dua kali sehari untuk meredakan nyeri.

Namun perlu diingat bahwa penggunaan jus Kamboja Fosil hanya untuk menghilangkan rasa nyeri, bukan untuk menyembuhkannya secara permanen. Agar sembuh total, sangat disarankan untuk pergi ke dokter gigi terdekat untuk mendapatkan perawatan.

Hapus tahi lalat

Jika Anda memiliki tahi lalat yang mengganggu, getah pohon Kamboja Fosil dapat membantu menghilangkannya. Caranya, ambil beberapa tetes jus Kamboja Fosil dengan kapas. Setelah itu, oleskan kapas dan tempelkan pada tahi lalat yang ingin Anda bersihkan. Lakukan ini secara teratur sampai tahi lalat hilang.

Menghilangkan kutil dan mata ikan

Kutil, mata ikan, dan sejenisnya juga bisa diobati dengan jus kamboja. Caranya sama seperti di atas, yaitu dengan mengambil beberapa tetes air Kamboja Fosil dengan kapas. Setelah itu oleskan secara merata pada kutil atau mata ikan. Baca artikel ini untuk mempelajari cara menangani mata ikan lainnya.

Potensi bunga Kamboja Fosil lainnya

Selain berbagai fungsi dari bunga Kamboja Fosil di atas, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah minum infus bunga kamboja. Caranya, ambil beberapa bunga Kamboja Fosil lalu jemur di bawah sinar matahari hingga kering.

Setelah itu seduh dengan air panas seperti sedang membuat teh. Jika diminum secara rutin, manfaat bunga Kamboja Fosil kering yang diseduh dapat menyembuhkan berbagai jenis masalah pencernaan seperti disentri dan sembelit.

Selain itu, meminum rebusan bunga Kamboja Fosil secara rutin dipercaya dapat membantu mencegah rematik dan asam urat serta memudahkan buang air kecil. Selain itu air rebusan ini juga dapat meredakan batuk dan menurunkan panas pada saat terjadi demam.

Jika tidak ingin langsung meminum rebusannya, Anda bisa mencampurkan bunga Kamboja Fosil ini dengan air teh juga. Aroma teh yang tak salah lagi bercampur dengan aroma bunga Kamboja Fosil membuat cangkir Anda semakin harum.

Karena aromanya yang sangat khas tersebut, bunga Kamboja Fosil juga dapat digunakan sebagai campuran dalam produksi sayuran. Berbagai manfaat yang disebutkan di atas tentunya masih bisa Anda rasakan dengan mencampurkan bunga Kamboja Fosil ini dengan sayuran lainnya.

Nah, itulah berbagai manfaat bunga Kamboja Fosil yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan. Kini pohon Kamboja Fosil bisa anda jadikan tidak hanya sebagai tanaman hias, tetapi juga sebagai tanaman herbal untuk obat tradisional yang sangat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *